Mengapa Minecraft Bisa Dibilang “Kalah Saing” Di Pasar Indonesia ?

 Mengapa Minecraft Bisa Dibilang “Kalah Saing” Di Pasar Indonesia ?

Mungkin kalian sudah tidak asing kan dengan game Minecraft ini,game yang mengasah kreativitas kita untuk berimajinasi dengan kuat sehingga menghasilkan karya-karya yang indah baik untuk dipamerkan, dipublikasikan, dibagikan, bahkan dijual. Yup game Minecraft ini merupakan game multifungsi, baik itu untuk bermain bahkan belajar. Di berbagai belahan dunia pun pasti sebagian besar orang mengenal Minecraft, sehingga sudah tidak asing lagi didengar di setiap media kita, setiap negara sendiri memiliki keberagamannya masing-masing yang dapat diimplementasikan ke dalam Minecraft bahkan sebuah negara di Afrika menggunakan Minecraft sebagai sarana untuk mendesain taman bermain, seorang Arkeologis di Inggris menggunakan Minecraft sebagai sarana untuk berbagi ilmu, bahkan di Indonesia sendiri Minecraft dijadikan sarana untuk wisuda online.

Lalu Bagaimana Dengan Player Minecraft di Indonesia ?

Via: Tribunsolo

Berdasarkan hasil riset dari kami, game Minecraft di Indonesia pernah mengalami peningkatan pemain apalagi pada saat masa erpan1140 berkembang di dalam Youtube, lalu tidak kunjung lama setelah erpan1140 memutuskan untuk beralih ke konten game lain, pemain Minecraft di Indonesia mulai menurun apalagi dengan keadaan yang dipersulit oleh pihak Mojang pada saat itu yang merubah sistem Multiplayer Minecraft Pocket/Bedrock Edition, dimana pada saat itu jika kalian ingin bermain dengan teman kalian kalian harus menggunakan akun orisinil XBOX live serta Minecraft yang original bukan bajakan.

Apakah Penghidupan Minecraft Oleh Pewdiepie Berdampak Terhadap Player Minecraft Di Indonesia ?

Via: Indozone

Tentu saja berdampak, pada saat Pewdiepie mulai membuat konten Minecraft, banyak fans Minecraft yang senang akan konten yang dibuatnya dan komunitas Minecraft pun menjadi lebih hidup hingga saat ini. Di Indonesia sendiri hal tersebut mempengaruhi beberapa gamer untuk mencoba membuat konten Minecraft di Youtube, baik itu playthrough maupun bermain bersama sehingga lebih banyak player Minecraft yang tergugah kembali untuk memainkan game tersebut, belum lagi fitur-fitur unik yang ditambahkan oleh Mojang Studios setiap tahunnya.

Bagaimana Nasib Minecraft Saat Ini Di Indonesia ?

Via: Kompasiana

Kini masih cukup banyak player Minecraft yang aktif di Indonesia bahkan ada beberapa youtuber yang masih setia terhadap konten Minecraftnya sendiri, tetapi karena mulai berdatangan game mobile bergenre Battle Royale dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena), banyak player yang mobile yang beralih ke game-game tersebut dengan alasan gratis untuk didapatkan. Nah sumber masalah mengapa Minecraft kalah saing di pasar Indonesia yakni game Minecraft merupakan game yang berbayar harga nya juga dapat dibilang cukup mahal apalagi jika kita membeli akun Java Edition yang memiliki harga sebesar Rp.377.000 ( $26.95 ). Jadi banyak gamer yang enggan membelinya karena dirasa terlalu mahal.

Mengapa Minecraft Dianggap Tidak Setimpal Dengan Harga Yang Ditawarkan ?


Via: TrueTriz

Kebanyakan Player Indonesia lebih senang memainkan game yang memiliki tingkat gengsi yang tinggi, sehingga dapat dipamerkan ke teman-teman mereka baik di kehidupan nyata maupun di sosial media. Minecraft sendiri dapat dibilang memiliki grafik yang unik tetapi banyak orang Indonesia tidak menyukai hal tersebut dan lebih memilih game bergengsi dibanding game yang diperuntukkan untuk mengasah kreativitas, tapi siapa bilang Minecraft tidak dapat dijadikan ajang pamer ?, komunitas Minecraft sendiri di Reddit memiliki builder,redstoner,youtuber yang berbakat dalam membuat kreasi yang berguna dan estetik dalam membangun suatu bangunan di dalam Minecraft. Namun hal itu dapat membuat kembali kita bertanya, jadi mengapa pemuda-pemudi di Indonesia tidak sanggup bermain secara kreatif ?.


Apakah Minecraft Memiliki Fitur In App Purchase ? (Kosmetik/Skin)

Via: VentureBeat

Minecraft Bedrock Edition memiliki marketplace tersendiri yang dimana Minecoins adalah mata uang yang digunakan didalamnya, para player dapat membeli skin 4 Dimensi yang tidak dapat dibuat oleh website skin manapun yang biasa digunakan oleh player Java Edition, sehingga menghasilkan bentuk skin yang lebih unik dan terkesan keren. Tidak hanya skin saja Minecraft menjual maps/minigame untuk dimainkan bersama baik itu bergenre petualangan,horror,rpg,maupun kartun yang diupdate secara rutin.

Jadi kesimpulannya Minecraft bukannya menghilang di kalangan gamer Indonesia tetapi kalah bersaing dengan game bergenre lain dan dijual gratis di macam” market sehingga dapat dinikmati oleh berbagai macam kalangan, lalu apakah ada cara jika Mojang Studios ingin menguasai pasar Indonesia ? tentu ada sebelumnya Mojang Studios mengeluarkan Minecraft Demo yang dapat dimainkan secara gratis dengan batasan waktu, sehingga setiap orang dapat merasakan pengalaman bermain Minecraft terlebih dahulu sebelum dibeli, tetapi cara ini masih dibilang kurang efektif, mungkin suatu saat Minecraft akan gratis baik di Play Store maupun Appstore.

-Kutipan Dari Gamer Profesional Yang Berkontribusi Dalam Riset Kami-

Sbenernya emg ngga dipungkiri sih, berhubung msh banyak game gratis yg ada di mobile (dan hype Genshin Impact jg blum reda) makanya banyak org bilang kalau Minecraft emg kalah sain di Indo. Banyakan orang di Indo prinsipnya adalah main game yg gratis, bayar di in-app purchases, kya kasus MLBB ama PUBGM. (Ditambah lgi kebanyakan org Indo suka game tipe kompetitif, kya MOBA). -u/LostDepths

Pertama, ga gratis. 100k itu mahal bagi orang indonesia. Kedua, grafik yang ditampilkan ga memanjakan mata. (Obviously) Ketiga, mindset orang orang, terutama anak sd/smp biasanya ngomong ke temennya kalo minecraft game buat anak kecil. (ironic, right?) Keempat, ga ada challenge yang punya gengsi tinggi. Misal rank sama level. Ga ada yang bisa dibangga banggain ke public. Kelima, minecraft ga punya misi yang wajib diselesaikan. Semuanya udah kebuka asal punya resource. -u/kucingmbelink

Di luar negeri, minecraft dipandang sebagai game untuk semua umur. Bisa dimainin multiplayer sama keluarga, teman, guru dll. Justru malah banyak orang dewasa yang mainin. Minecraft juga bisa dimainin seperti banyak genre game, contoh bisa dimainin kaya game FPS, game puzzle bahkan bisa buat bikin program sehingga bisa buat sarana belajar programming juga. Sehingga bisa dimainin oleh segala kalangan. Makanya bisa dipuja karena bisa menciptakan suasana wholesome bagi para pemainnya. -u/exiadf19

Postingan Terkait

Send this to a friend